Mengenal COVID-19 dan Cara Pencegahannya



COVID-19


COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) atau yang biasa disebut juga virus corona ini dengan cepatnya menyebar hingga hampir ke seluruh dunia. Bahkan sudah banyak yang meninggal akibat merebaknya virus corona ini, termasuk di Indonesia.

Jumlah kasus semakin meningkat setiap harinya membuat kita harus selalu waspada terhadap virus ini. Oleh karena itu kita harus mengetahui apa sebenarnya COVID-19, bagaimana cara penularannya, bagaimana gejala-gejalanya dan juga bagaimana langkah-langkah pencegahan agar bisa terhindar dari virus ini.

COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 yang merupakan salah satu jenis koronavirus, dan dapat menular pada manusia.

Virus corona dikenal berasal dari Wuhan, China yang akhirnya menjalar ke berbagai negara termasuk Indonesia dengan beragam jumlah korban positif, sembuh dan meninggal.

Di setiap kita semua berpotensi untuk tertular maupun menulari karena virus corona ini tidak memandang usia, jenis kelamin maupun status sosial. Oleh karenanya penting kiranya untuk membekali diri dengan pengetahuan terkait virus corona ini.

Mungkin kita telah banyak menangkap informasi dari berbagai media seperti televisi, media online dan juga sosial media tentang virus ini. Namun sebaiknya tetap menggunakan metode penyaringan agar tidak terjerumus berita yang tidak benar/hoax.


Bagaimana Cara Virus Corona Menyebar?


Untuk mencegah virus corona ini semakin menjalar dan merajalela, masing-masing negara mempunyai kebijakan sendiri-sendiri mulai dari penerapan WFH (work form Home), physical distancing, karantina wilayah, lockdown dan kebijakan lainnya.

Apapun kebijakan yang diambil sudah seharusnya kita dukung dan ikuti karena demi kebaikan bersama untuk menghentikan penyebaran virus corona ini semakin meluas. Kira-kira bagaimana cara virus ini bis menyebar dalam kurun waktu yang terbilang cepat?

Penularan virus corona dari satu orang ke orang lain bisa melalui interaksi langsung seperti bersentuhan dan salaman. Bisa juga karena terkena percikan (droplet) orang yang sudah terinfeksi saat batuk atau bersin, terkena cairan air liur atau cairan dari hidung.

Droplet tersebut meskipun tidak dapat bertahan lama di udara namun ketika menempel di benda dapat juga sebagai media untuk penyebaran virus ini. Virus corona ini mampu bertahan selama berjam-jam di benda-benda seperti kayu, besi, kain, kertas dan lainnya.

Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis antara 1-14 hari dengan rata-rata 5 hari. Maka, bagi orang yang sedang sakit atau terindikasi terinfeksi virus corona diwajibkan memakai masker guna meminimalisir penyebaran droplet.

Gejala Timbulnya COVID-19


Bisa dilihat diatas bahwa cara penyebaran virus corona ini sangatlah mudah, oleh karena itu sebaiknya kita berhati-hati saat berada atau beraktifitas di tempat umum. Setelah mengetahui bagaimana cara virus ini meyebar, penting juga untuk mengetahui bagaimana gejala-gejala yang timbul saat terpapar virus corona ini.

Gejala awal terpapar virus ini seperti saat menderita flu biasa. Namun harus tetap diwaspadai jika timbul gejala-gejala lainnya seperti :
  • batuk kering
  • demam
  • suhu badan meningkat atau 38 derajat keatas
  • susah bernafas
  • pneumonia berat
  • terasa sangat lelah
  • tenggorokan terasa sakit

Agar Terhindar dari COVID-19

Karena setiap orang berpotensi untuk tertular atau menulari maka kita harus berhati-hati terhadap ancaman virus corona ini. Karena kita tanpa tes kita tidak bisa tahu mana saja orang yang telah terpapar virus ini.

Untuk itu langkah paling efektif memang mengurangi atau bahkan menghentikan aktifitas diluar rumah. #dirumahaja seperti yang dianjurkan oleh pemerintah akan lebih baik untuk menjaga kessehatan diri maupun kesehatan keluarga tercinta.

Selain itu juga hindari keramaian, kerumunan, ataupun nongkrong karena ini juga bisa menyebarkan virus corona. Banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan sehat serta vitamin akan lebih baik karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu untuk mencegah terpapar virus corona adalah sebagai berikut :
  • sering cuci tangan baik dengan sabun maupun hand sanitizer
  • menggunakan masker dan menggantinya secara berkala
  • tidak mengusap wajah (mata, hidung, mulut) sebelum mencuci tangan
  • membersihkan barang-barang yang sering kita pegang seperti smartphone
  • berolahraga

Kita yakin bahwa pandemi COVID-19 ini akan segera berlalu dan kehidupan bisa berjalan normal seperti sediakala. Untuk informasi dan layanan kesehatan bisa menghubungi Klinik Ruby Medika melalui WhatsApp, silahkan klik bit.ly/chatklinikruby.