Klinik Ruby Medika Melayani Tes Rapid Antigen



Klinik Ruby Medika turut berperan aktif dalam menekan laju penyebaran virus corona agar pandemi ini bisa segera berlalu. Salah satunya adalah dengan membuka layanan Tes Rapid Antigen.

Tes Rapid Antigen bisa dijadikan untuk deteksi dini keberadaan virus corona pada tubuh seseorang. Dengan demikian jika hasil dari tes tersebut menunjukkan hasil positif, maka sedari dini bisa segera mengambil langkah tepat seperti melakukan isolasi mandiri agar dapat memutuskan rantai penyebaran virus Covid-29 ini ke orang-orang disekitar.

Selain itu bagi pengguna transportasi umum dengan tujuan luar kota atau yang ingin bepergian ke kota-kota tertentu, ada daerah-daerah yang mensyaratkan untuk melampirkan hasil pemeriksaan Tes Rapid Antigen.

Oleh karenanya, Klinik Ruby Medika melayani Tes Rapid Antigen dengan tingkat akurasi hingga 92% dan hasilnya bisa diketahui dalam waktu beberapa menit saja. Untuk pedaftaran dan penjadwalannya bisa langsung menghubungi Klinik Ruby Medika melalu WhatsAppp di nomor 0811 9255 252.



Tes Rapid Antigen

Antigen adalah merupakan suatu zat atau juga benda asing seperti kuman, racun atau virus yang bisa masuk ke dalam tubuh. Jika antigen ini dianggap berbahaya bagi tubuh, maka tubuh sistem kekebalan tubuh akan melakukan pertahanan untuk menangkal serangan dari antigen tersebut.

Demikian juga virus corona yang masuk akan terbaca sebagai antigen oleh sistem imun tubuh, dan untuk mengetahuinya diperlukan tes rapid antigen.

Tes Rapid Antigen ini memerlukan lendir dari hidung atau tenggorokan sebagai sampelnya dengan menggunakan metode swab. Tes ini mempunyai tingkat akurasi yang tinggi dan cukup efektif untuk mendeteksi keberadaan virus crona di dalam tubuh. Untuk hasilnya bisa diketahui setelah 15 menit.

Swab PCR

PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah mekanisme membaca kode genetik dari sampel untuk mengetahui pola genetik (DNA atau RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus yang termasuk juga virus Covid-19.

Sedangkan untuk pengambilan sampelnya menggunakan swab yaitu berupa kapas lidi yang diusapkan pada rongga nasofaring atau orofaring untuk mendapatkan lendir sebagai sampel. Hingga kini, tes swab PCR ini direkomendasikan oleh WHO sebagai tes standard untuk mendiagnosis virus Covid-19.

Rapid Test

Selanjutnya untuk mendeteksi awal virus Corona adalah dengan menggunakan tes Rapid Antibodi. Tes ini menggunakan alat cartridge dengan bahan darah dari vena di ujung jari kita sebagai sampel. Rapid antibodi test berfungsi untuk mendeteksi antibodi dalam tubuh ketika terinfeksi virus.

Sesuai dengan namanya, hasil dari rapid test ini dapat langsung diketahui dalam jangka waktu singkat yang umumnya hanya membutuhkan sekitar 15 menit. ANTIBODI adalah kekebalan khusus yang terbentuk dan terdeteksi didalam darah akibat masuknya mikrooorganisme(virus,Bakteri) yang dikenal dengan nama Imunoglobulin (Ig).

Ig ada 2 yaitu IgG dan Igm, lalu apa perbedaanya? Ig M adalah Ig yang terbentuk sebagai respon awal terhadap mikroorganisme. Seiring dengan waktu Ig M ini akan menurun dan digantikan oleh Ig G yaitu Ig lanjutan yang akan bertahan beberapa bulan dan bila diberi suntikan booster Ig G ini akan bertahan sampai ber tahun tahun.

Tes Rapid Antibody Tes Rapid Antigen Tes PCR Swab
Metode Mendeteksi antibodi IgG dan Igm untuk melawan Covid Mendetksi protein virus yang ada di kulit virus Corona Mendeteksi materi genetikvirus lewat RNA
Sampel Darah Lendir hidung Lendir hidung dan tenggorokan
Waktu Proses Hasil diperoleh dalam waktu 15 menit Hasil diperoleh dalam waktu 15 menit Hasil diperoleh dalam waktu 1 - 3 hari
Tingkat akurasi 60 - 70% 92% 99%

Itulah definisi dan perbedaan antara tes rapid antibodi, tes rapid antigen dan tes PCR swab. Segeralah deteksi sejak dini virus COVID-19 jika mengalami gejala-gejalanya atau jika merasa telah melakukan kontak dengan seseorang yang terindikasi positif terinfeksi virus COVID-19.

Penanganan virus COVID-19 yang tepat dan akurat dapat menyelamatkan hidup kita bersama. Segera hubungi Klinik Ruby Medika untuk mendapatkan pelayanan tes rapid antigen.