Senam Sehat Bersama Klinik Ruby Medika



Senam Sehat


Klinik Ruby Medika menyelenggarakan senam sehat untuk lansia dan pra lansia yang diadakan setiap hari minggu. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat sekitar dan juga kepesertaan BPJS di Klinik Ruby Medika.

Dengan rutin berolahraga maka akan membuat tubuh menjadi bugar, segar dan sehat. Adapun manfaat senam sehat lansia dan pra lansia seperti ini antara lain adalah sebagai berikut :


1. Membuat fisik tetap bugar

Gerakan senam yang rutin dilakukan misalnya setiap pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dalam tubuh. Dengan demikian maka jantung juga akan berdetak dengan lebih cepat sehingga dapat menghindarkan kita dari penyakit kardiovaskular.

Disamping itu dengan melakukan gerakan senam maka semua anggota tubuh kita akan bergerak sehingga akan manurunkan resiko cidera sendi dan otot.

2. Membantu menurunkan berat badan

Punya masalah kelebihan berat badan? Atau tengah merencanakan program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal?

Rutin melakukan gerakan senam bisa menjadi solusinya lho. Untuk jenis senam yang bisa dipilih adalah senam dengan gerakan yang cepat dan aktif seperti pada senam aerobik. Senam jenis ini bisa membuat tubuh lebih aktif lagi dalam membakar kalori.

Untuk melakukan senam dengan gerakan aktif seperti ini sebaiknya dilakukan sebelum makan/sarapan karena selain dapat membakar kalori juga dapat pula membakar lemak.


3. Menghambat proses penuaan


Dengan rutin melakukan senam maka salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk menghambat proses penuaan. Mengapa demikian?

Karena dengan melakukan gerakan senam maka akan dapat memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa darah bertugas untuk membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh.

Dengan demikian maka setiap jaringan tubuh akan mendapatkan pasokan nutrisi esensial dan oksigen yang mencukupi sehingga akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.

4. Mengurangi stress

Kok bisa ya? Karena dengan melakukan gerakan senam juga dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin.

Hormon endorphin adalah dikenal sebagai hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas, memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi stress.


5. Dapat menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast


Osteoclast adalah sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran. Sedangkan osteoblast merupakan sel yang dapat berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati, kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang-tulang yang baru.

Manfaat melakukan gerakan senam tersebut adalah pembentukan tulang yang terjadi di dalam tubuh kita akan dapat berjalan dengan optimal sehingga kita dapat terhindar dari risiko osteoporosis dan juga penyakit tulang lainnya.


Segera bergabung dan melakukan senam sehat bersama setiap hari minggu di lokasi Klinik Ruby Medika yang berada diJl. Potrosari III no.2B Srondol Kulon, Banyumanik - Kota Semarang. Silahkan menggunakan Chat WhatsApp untuk terhubung dengan Klinik Ruby Medika.